Author Guidelines
Judul Harus Singkat, Jelas dan Mencerminkan Isi Naskah
(Judul diberikan dalam bahasa Indonesia. Judul harus singkat, jelas dan mencerminkan isi naskah) (14 pt Bold Capital)
Nama Penulis1, Nama Penulis2, Nama Penulis3 (12 pt Bold)
1Afiliasi Penulis (12 pt)
2Afiliasi Penulis (12 pt)
3Afiliasi Penulis (12 pt)
Email: penulis1@gmail.com, penulis2@gmail.com, …, dan penulisterakhir@gmail.com
Abstrak (10pt Bold) Abstrak dibuat dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak memuat secara singkat tentang latar belakang, tujuan, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan penelitian. Abstrak berisi maksimum 250 kata, spasi tunggal ditulis dengan huruf miring (Italic) bagi abstrak Bahasa Inggris. Di bawah abstrak dicantumkan kata kunci yang terdiri atas maksimum enam kata, dimana kata pertama adalah yang terpenting. Abstrak dalam bahasa Indonesia merupakan terjemahan dari bahasa Inggris. Editor berhak untuk mengedit abstrak demi alasan kejelasan isi abstra.
Kata Kunci: Minimal 3 kata dan maksimal 6 kata, (kata pertama, kata ke dua, kata ketiga) |
Abstract (10pt Bold)
Abstracts are made in two languages, namely English and Indonesian. Abstract contains briefly about the background, objectives, research methods, research results, and research conclusions. Abstract contains a maximum of 250 words, single spaced in italics (Italic) for English abstracts. Below the abstract are listed keywords consisting of a maximum of six words, where the first word is the most important. Abstract in Indonesian is a translation from English. The editor reserves the right to edit the abstract for reasons of clarity in the contents of the abstract.
Keywords: Minimum 3 words and maximum 6 words, (first word, second word, third word) |
- Pendahuluan
Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) kemudian diikuti dengan pernyataan kebaruan ilmiah artikel tersebut.
Kutipan harus ditulis dengan menggunakan format bodynote seperti (Uwuigbe & Ajibolade, 2013), (Wang, 2016), (Muttakin et al., 2015) dan relevan dengan daftar Pustaka/ Bibliografi (disarankan menggunakan Aplikasi Mendeley).
Tabel 1. Contoh Penulisan Tabel
No |
Kriteria |
Kondisi Awal |
Ket |
|
Jumlah |
% |
|||
1 |
Tuntas |
6 |
20,7 |
|
2 |
Belum Tuntas |
23 |
79,3 |
|
Jumlah |
29 |
100 |
Dalam penulisan tabel harus mengikuti contoh di atas. Sedangkan pemaparan gambar seperti contoh berikut.
Figure 1. Contoh Pembuatan Gambar
Gambar di atas diposisikan di tengan dan keterangannya.
- Metodologi
Metode penelitian yang digunakan dalam pemecahan permasalahan termasuk metode analisis. Keterangan gambar diletakkan menjadi bagian dari judul gambar (figure caption) bukan menjadi bagian dari gambar. Metode-metode yang digunakan dalam penyelesaian penelitian dituliskan di bagian ini.
Pada Metode Penelitian, Alat-alat kecil dan bukan utama (sudah umum berada di lab, seperti: gunting, gelas ukur, pensil) tidak perlu dituliskan, tetapi cukup tuliskan rangkaian peralatan utama saja, atau alat-alat utama yang digunakan untuk analisis dan/atau karakterisasi, bahkan perlu sampai ke tipe dan akurasi; Tuliskan secara lengkap lokasi penelitian, jumlah responden, cara mengolah hasil pengamatan atau wawancara atau kuesioner, cara mengukur tolok ukur kinerja; metode yang sudah umum tidak perlu dituliskan secara detail, tetapi cukup merujuk ke buku acuan. Prosedur percobaan harus dituliskan dalam bentuk kalimat berita, bukan kalimat perintah..
- Hasil dan Pembahasan
Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh? Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara saintifik, tidak hanya deskriptif, bila perlu ditunjang oleh fenomena-fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis penelitian di bagian pendahuluan.
Naskah manuskrip dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan jumlah halaman maksimum 20 halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah manuskrip harus ditulis sesuai template artikel ini dalam bentuk siap cetak (Camera ready). Artikel harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 (210 x 297 mm) dan dengan format margin kiri 2,54 cm, margin kanan 2,54 cm, margin bawah 1 cm, dan margin atas -1,25 cm. Naskah harus ditulis dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran font 11 pt berjarak satu spasi, dan dalam format satu kolom (kecuali bagian judul artikel, nama penulis, dan abstrak). Jarak antar kolom adalah sejauh 1 cm.
Kata-kata atau istilah asing digunakan huruf miring (Italic). Sebaiknya hindari penggunaan istilah asing untuk artikel berbahasa Indonesia. Paragraf baru dimulai 1.15 cm dari batas kiri, sedangkan antar paragraf tidak diberi spasi antara.
Tabel dan Gambar diletakkan di dalam kelompok teks sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Setiap gambar harus diberi judul gambar (Figure Caption) di sebelah bawah gambar tersebut dan bernomor urut angka diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan bernomor urut angka di sebelah atas tabel tersebut diikuti dengan judul tabel. Gambar-gambar harus dijamin dapat tercetak dengan jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus yakin tercetak jelas). Gambar dan tabel dan diagram/skema sebaiknya diletakkan sesuai kolom di antara kelompok teks atau jika terlalu besar diletakkan di bagian tengah halaman. Tabel tidak boleh mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horisontal diperbolehkan tetapi hanya yang penting-penting saja.
Tabel 1 Tuliskan deskripsi tabel
Ket. |
Ket. |
Ket. |
Entry 1 |
Data |
Data |
Entry 2 |
Data |
Data |
|
Gambar 1. Tuliskan deskripsi gambar
Tuliskan deskripsi gambar
Apabila menggunakan format matematis dapat dituliskan seperti di bawah ini:
n = a+b
Keterangan dari rumus tersebut dapat dituliskan disini
Penjelasan dari rumus matematis tersebut dapat dituliskan di sini.
Contoh pengutipan secara langsung sebagai berikut:
Isi kutipan secara langsung. Quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote. quote The text continues here. Proofs must be formatted as follows: quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote ,
Penjelasan kutipan tersebut bisa di tulis di sini.
- Kesimpulan
Kesimpulan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Bila perlu, di bagian akhir kesimpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.
- Referensi
Penulisan referensi menggunakan gaya APA yang terbaru, disarankan menggunakan aplikasi Mendeley.
(From Book-Author himself)
Creswell, John. W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approach – Second Edition. London: Sage Publication, Inc.
Rustam, A., Sari, E. D., & Yunita, L. (2018). Statistika dan pengukuran pendidikan: analisis menggunakan SPSS, Iteman dan Lisrel. PT. Ilham Sejahtera Persada.
Fave, A. D., Massimini, F., & Bassi, M. (2011). Psychological Selection and Optimal Experience Across Culture: Social Empowerment through Personal Growth. Springer.
(From Book-Author as the Editor)
Field, Kit. (2000 Ed/s). Issuses in Modern Foreign Languages Teaching. London: RoutledgeFalmer.
(From Journal)
Chein, I., Cook, S. W., & Harding, J. (1948). The Field of action research. American Psychologist, 3(2), 43–50. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/h0053515 .
Rustam, A. & Ramlan, A.M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1 (1), 1-7.
(From Website and or Blog)
Zentella (or web’s name). (1985). Code-switching. About.Com Grammar & Composition. Retrieved 8 April 2014 from http://grammar.about .com/od/c/g/codeswitchingterm.htm
(From Website and or Blog – A file downloaded)
Arung, Fernandes. (2012). Infortmation Spoken-Gap Activities. usnpendbing.wordpress.com. Dowloaded 22 October 2015 from https://usnpendbing.wordpress.com/2015/07/10/ information-gap-spoken-activities/